Senin, 30 Oktober 2017

ACYCLOVIR

Acyclovir adalah obat analog dengan nukleosida purin asiklik yang secara invitro dapat menghambat secara aktif virus herpes simplex,varicella zoster,Epstein-Barr,dan cytomegalovirus.Di dalam sel, acyclovir mengalami fosforilasi menjadi bentuk aktif acyclovir trifosfat yang bekerja sebagai penghambat dan substrat dari herpes specified DNA polymerase,sehingga mencegah sintesis DNA dari virus lebih lanjut tanpa mempengaruhi proses sel yang normal.

Indikasi
Acyclovir digunakan untuk pengobatan infeksi viru herpes simplex pada kulit dan selaput lendir, termasuk herpes genitalis yang inisial dan rekuren.

Dosis
Dosis dewasa:
-infeksi herpes simplex:
200 mg tiap 4 jam tanpa dosis malam hari,pengobatan selama 5 hari,tetapi pada infeksi inisial yang berat dapat diperpanjang.
- untuk penderita immunocompromised yang berat atau kelainan absorpsi pada usus,dosis dapat ditingkatkan menjadi 400 mg, atau sebagai alternatif diberikan pengobatan secara intravena.
Pengobatan harus dimulai sedini mungkin,untuk episode rekuren sebaiknya pada periode mulai terjadinya lesi pertama.
- Dosis supresi infeksi herpes simplex pada penderita  immunocompetent, 200 mg 4 kali sehari tiap 6 jam.
- infeksi herpes zoster, varicella:
800 mg, 5 kali sehari tiap 4 jam,pengobatan diberikan selama 7 hari. Pengobatan harus dimulai sedini munkin dan hasil yang baik akan tercapai jika diberikan pada saat awal timbulnya gejala infeksi.

Dosis anak-anak
- infeksi herpes simplex:
* Anak-anak di atas 2 tahun menggunakan dosis dewasa.
* Anak-anak di bawah 2 tahun menggunakan 1/2 dosis dewasa.

-infeksi varicella
* Anak- anak di atas 6 tahun: dapat d berikan 800 mg 4 kali sehari.
* Anak- anak 2-6 tahun: 400 mg 4 kali sehari.
*Anak-anak dibawah 2 tahun: 200 mg 4 kali sehari atau 20 mg/kg berat badan.pengobatan dilakukan 5 hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANTIOKSIDAN YANG TERDAPAT PADA JAMUR

Jenis antioksidan tersebut ada pada jamur adalah ergothianeine dan glutathione robert beelman, profesor emeritus di pennsylvania state unive...